Alasan Kenapa Saya Menulis Blog

…Karena saya senang menulis.

*Lalu postingan ini selesai LOL*

Kalau disuruh jelaskan secara singkat, ya memang benar alasannya cuma itu. Saya suka banget menulis. Senang meluangkan segala uneg – uneg dan isi hati lewat rangkaian kata, dari yang isinya gombalan alay sampai isi dari National Geographic Animal (baca : isi kebun binatang).

Saya mau cerita sedikit dulu, yaa tentang awal mula saya nge-blog.

Di post sebelumnya saya cerita kalau pertama kali dikenalkan blog adalah melalui pengawas ujian yang berprofesi sebagai guru IT. Waktu itu platform yang digunakan adalah Blogger. Nama blog nya masih random dan tampilannya pun lumayan bikin sakit mata karena warna – warni nggak nyambung hahaha. Isinya? Ya seputar sebel sama guru, lagi marah sama orangtua, cerita gimana waktu itu naksir banget sama kakak kelas tapi dia punya pacar, dan beberapa puisi serta cerpen. Kalau ditanya masih inget nama blog nya atau nggak, jawabannya enggak 😂.

Masuk ke masa SMA, saya buat blog baru. Sempat saya kasih nama Aprés La Pluie yang dalam Bahasa Inggris artinya After The Rain. WKWK sok puitis emang. Isinya seputar travelling, kuliner pinggir jalan, dan cerita personal sehari – hari. Di masa ini tema blog sudah saya buat lebih sederhana dengan latar belakang berwarna putih.

Nah, ketika masa abege labil ini lagi hits banget majalah Gogirl! dan berkenalanlah saya dengan Caroline Robianto atau Kero, dari Sergeant Kero di salah satu edisi. Umurnya beberapa tahun di atas saya dan waktu cek blog nya yang fokus di bidang fashion, saya langsung jatuh cinta sama caranya bercerita dan foto – fotonya yang keren.

Sejak saat itu (dan masih hingga sekarang) saya mengidolakan Kero. Menurut saya, kata ‘keren’ tidak pernah hilang dari dirinya meskipun sekarang lebih dewasa.

Dari blog-nya pula lah saya tahu Female Daily. Sebagai pecinta makeup, dulu sulit sekali rasanya mendapatkan produk kecantikan brand internasional. Brand lokal pun belum se – variatif dan semaju sekarang. Di Female Daily ini menjadi wadah saya belanja produk makeup secara pre – order dari beberapa toko di USA seperti Sephora, Ulta, dan Walmart. Rela deh saya menunggu selama 4 minggu sampai barangnya datang. Jadi, bersyukurlah kita perempuan di jaman serba mudah ini.

Kecintaan pada produk makeup ini membuat saya sedikit – sedikit mulai berfokus ke tema kecantikan. Cerita – cerita pribadi mulai saya simpan dan Nama blog pun saya ganti dengan Ayuditari.

Di saat itu saya makin semangat menulis dan dari rajin ini membuahkan hasil. Beberapa brand mulai mengundang untuk datang ke event mereka dan ada juga yang mengirimkan PR Package, salah satunya adalah Revlon dan Wet n Wild.

Di tahun 2016 saat saya pergi kuliah, blog tersebut mulai dianggurin dan akhirnya vakum menulis. Niatnya padahal dulu ketika sekolah di Singapur mau rajin nulis tapi ternyata ketidak – konsistenan itu pun membuat blog saya terbengkalai 😦

Sedihnya lagi, ketika di tahun 2020 saya berniat migrasi ke WordPress, keteledoran saya membuat domain blog saya hilang. Padahal ternyata bisa loh punya domain yang sama dengan platform yang berbeda. Kalau inget ini lagi tuh rasanya pengen noyor diri sendiri 😢.

***

Oke, setelah cerita yang ternyata tidak singkat tentang awal mula saya menulis blog, berikut alasan yang bikin saya balik lagi dan lagi untuk menulis blog :

1. Berbagi Pengalaman Pribadi Sambil Self Healing

Berawal dengan cerita personal, lalu fokus ke satu tema, dan sekarang kembali lagi ke tema awal yang lebih gado – gado alias semuanya ditulis. Kalau dulu tuh yang ditulis banyak hal – hal yang tidak difilter termasuk nama pun tidak pernah disensor, sekarang yang saya bagikan lebih banyak hal – hal menyenangkan.

Kalau pun ada hal buruk yang menimpa, biasanya saya pikir dulu matang – matang dan lihat dari sudut pandang lain. Sampai akhirnya saya mengerti sisi positif dari kenapa pengalaman tersebut bisa terjadi. Setelah itu baru deh saya tulis.

2. Sebagai Kegiatan Produktif di Waktu Luang

Setelah resign dari pekerjaan 9 to 6 dan memutuskan untuk menjadi Ibu Rumah Tangga, saya jadi berpikir keras kira – kira apa yang bisa saya lakukan untuk menyenangkan pikiran. Seharian mengurus anak dan keperluan suami, ditambah lagi pandemi yang menuntut kita untuk lebih banyak diam di rumah pastinya butuh kegiatan supaya tetap stay on the ground.

3. Menambah Lingkaran Pertemanan

Sering blogwalking kesana kemari, meninggalkan jejak dengan komen di post yang selesai dibaca, akhirnya malah jadi berteman.

Saya termasuk orang yang introvert dan susah akrab sama orang baru. Makanya lewat blog dan gabung di komunitas seperti Blogger Perempuan Network bikin saya keluar dari zona nyaman dan jadi kenal sama orang baru. Membaca pikiran orang lain lewat tulisan akhirnya malah jadi punya bahan obrolan.

***

Tiap orang memiliki tujuan yang berbeda – beda sari menulis blog. Menurut suami saya, suatu hal itu harus dikerjakan dari hati. Tulus, supaya hasilnya juga baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s